Home » » Seputar : Antonio Gaudis

Seputar : Antonio Gaudis

Sebelum tahun 1990-an Bercelona kurang terkenal dibandingkan Madrid tetapi Olimpiade 1992 telah melonjak nama Barcelona sebagai pusat pariwisata. Keberhasilan FC Barcelona sebagai klub Eropa yang berjaya juga turut menaikkan nama Barcelona. Madrid meskipun ibu kota Spanyol semakin tenggelam dengan kehebatan Barcelona.


Apa yang membuat Barcelona menjadi fokus? Kedudukan geografi Barcelona yang dekat dengan Perancis dan bentuk muka buminya yang berbukit dan memiliki pantai yang cantik adalah andalan utama. Di Barcelona Anda tidak hanya terpikat dengan keindahan pantai dan gunung-gunung tetapi juga bentuk kotanya yang unik. Jika bercerita tentang arsitektur bangunan di Barcelona kita tidak bisa melupakan sosok ini yaitu Antoni Gaudi. Bahkan ada yang menyatakan apa yang ada dengan Barcelona tanpa Antoni Gaudi. Barcelona sangat beruntung karena pernah memiliki sosok ini yang banyak menyumbang kepada seni dan arsitektur di Spanyol.

Gaudi adalah seorang arsitek yang terkenal di Spanyol dan ada sepuluh mahakarya Gaudi di kota Barcelona yang menjadi perhatian wisatawan sampai ke hari ini. Sagrada Familia adalah antara tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Spanyol. Sagrada Familia adalah sebuah gereja Roman Katolik yang terbesar di Barcelona yang masih dalam pembangunan. Ketika saya mengunjungi tempat ini masih banyak kerja-kerja yang dilakukan. Kren-kren juga jelas terlihat tetapi para wisatawan masih diizinkan memasuki sebagian tempat ini. Walupun gereja ini belum sempurna tetapi ia telah diakui sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Konstruksi gereja ini dimulai pada tahun 1882 dan diperkirakan siap pada tahun 2026 yaitu setelah 100 tahun kematian Gaudi. Gaudi mati ketika berusia 73 pada tahun 1926. Anda bisa sampai ke tempat ini dengan naik metro dan berhenti di stasiun Sagrada Familia. Stasiun ini terletak  di bawah tanah Sagrada Familia dan Anda pasti tidak akan tersesat.



Mahakarya Gaudi yang kedua yang harus dikunjungi di Baercelona adalah Parc Guell, Garcia. Parc Guell adalah daerah perumahan yang gagal. Kemudian, Parc Guell dibeli oleh Gaudi dan menjadi kediamannya dari tahun 1906 - 1926. Disini banyak karya-karya Gaudi seperti 2 buah rumah yang direkebentuk oleh Gaudi. Sejak tahun 1963 daerah ini telah dijadikan Gaudi Museum yang memamerkan hasil karya seni Gaudi. Karya Gaudi banyak menggunakan mozaik yang berbagai jenis dan warna. Di pintu depan Parc Guell Anda akan dapat melihat kelainan gaya dan bentuk arsitektur yang ada dalam banyak karya Gaudi.
Kawasan ini terletak di puncak bukit. Anda bisa kesini dengan naik metro dan berhenti di stasiun Lesseps. kemudian harus berjalan kaki menaiki tangga ke puncak bukit. Jika Anda datang dari arah belakang Parc Guell, ekskalator tersedia tetapi hanya disebahagian perjalanan dan kemudian harus naik tangga. Dari puncak Parc Guell juga Anda bisa melihat panorama kota Barcelona. Ketika saya berkunjung kesini diwaktu awal musim dingin dan saat sampai di puncak Parc Guell hujan turun mencurah-curah. Jadi saya tidak dapat melihat panorama indah dari bukit ini.
Casa Batllo adalah mahakarya ketiga yang harus Anda lihat. Ia dibangun pada tahun 1877 dan terletak di daerah yang berkembang pesat di Barcelona ketika itu yaitu Passeig de Garcia. Seperti kebanyakan gedung bangunan Gaudi, bahan utama yang menonjol dalam pembangunan Casa Batllo adalah mozaik dan keramik. Bentuknya juga agak unik terutama di bagian atap gedung terlihat seperti punggung dinasour atau naga. Gedung ini mencoba meninggalkan desain tradisional yang ’straight line’. Anda bisa ke Casa Batllo dengan naik metro (underground) dan berhenti di stasium Passeig de Garcia. Kawasan ini merupakan kawasan komersial dan ada banyak gedung-gedung bisnis dan hotel-hotel mewah. Memang sulit untuk menemukan Casa Batllo karena ia dibangun di samping deretan gedung yang modern. Saya juga beberapa kali salah jalan dan cara terbaik adalah dengan bertanya dengan penduduk lokal dimana lokasi sebenarnya Casa Batllo.

Lain-lain karya Gaudi yang harus juga Anda mengunjungi adalah Casa Vincen, Palau Guell (ditutup untuk renovasi ketika saya ke sana), Casa Calvet, Belleguard, dan Casa Mila. Ada beberapa tempat yang terletak diluar pusat kota Barcelona. Saya hanya dapat mengunjungi 3 mahakarya Gaudi saja yaitu Sagrada Familia, Parc Guell dan Casa Batllo. Jika Anda ke Barcelona jangan lupa pada karya-karya agung ciptaan Antoni Gaudi. Coba Anda bayangkan apa yang terjadi jika Barcelona tanpa Antoni Gaudi.


Arsip Blog

Follow @danbosikotak

Flags

free counters
Powered by Blogger.