Home » » Gempa Bumi di Sichuan China

Gempa Bumi di Sichuan China


Over 150 Dead, Thousands Injured as Strong Earthquake Hits Sichuan Province

Korban tewas lantaran gempa bermagnitud 7,0 di Provinsi Sichuan mencapai 71 orang. Data paling baru ini berasal dari Administrasi Gempa Bumi China sebagaimana warta Xinhua pada Sabtu (20/4/2013).

Sementara itu, Pusat Jaringan Gempa Bumi China (CENC) mengatakan, gempa itu melanda Lushan di kawasan Kota Ya'an, Provinsi Sichuan, pada pukul 08.02 waktu setempat.

Sampai dengan Sabtu siang, kata otoritas Sichuan, jumlah korban luka mencapai 1.000 orang. Pemerintah setempat saat ini sudah mengerahkan sekitar 2.000 orang untuk membantu para korban. Mereka bertugas di sembilan wilayah di lokasi gempa.

 Residents help carry injured people to hospital after the earthquake in southwest China on April 20, 2013
Pemerintah China mengerahkan 180 dokter ke Provinsi Sichuan untuk membantu para korban gempa bermagnitud 7,0 itu. Menurut warta Xinhua pada Sabtu (20/4/2013), bersama dengan para dokter itu, dikerahkan pula 200 polisi dan tim pemadam kebakaran. Kelompok bantuan itu akan berpusat di Kota Ya'an.

Menurut informasi Komisi Kesehatan Nasional dan Perencanaan Keluarga China, tim bantuan juga akan menyertakan rumah sakit bergerak. Mobilitas rumah sakit bergerak diharapkan bisa membantu para korban.

Over 150 Dead, Thousands Injured as Strong Earthquake Hits Sichuan ProvinceDari pihak Pemerintah Provinsi Sichuan dikerahkan pula tim komando pencarian dan penyelamatan (SAR). Tim ini berkekuatan 2.000 polisi dan petugas pemadam kebakaran. Untuk tahap awal, tugas tim itu membersihkan jalan-jalan yang terhubung dengan pusat gempa.

Pemerintah pusat China juga membentuk gugus tugas yang terdiri dari berbagai kementerian, seperti Urusan Sipil, Kementerian Pendidikan, Kementerian Keuangan, Kementerian Sumber Daya Tanah, Kementerian Transportasi, Administrasi Gempa China, dan Komisi Pembangunan.

Informasi terkini, gempa tersebut sudah menewaskan sekitar 50 orang. Tercatat pula, gempa yang terjadi pada Sabtu pagi itu sudah melukai sekitar 400 orang.


People lift a coffin as they walk past debris on their way to a funeral on the second day after an earthquake hit Longmen township of Lushan county
(Blank Headline Received)

(Blank Headline Received)


Sumber : Kompas.com, Yahoo.com




















Arsip Blog

Follow @danbosikotak

Flags

free counters
Powered by Blogger.