Home » » Sir Alex Ferguson Pensiun Musim ini

Sir Alex Ferguson Pensiun Musim ini

EKSKLUSIF: Pengunduran Sir Alex Ferguson Sarat Emosi

Sir Alex Ferguson Pensiun
Manchester - Rumor itu benar adanya. Lewat pernyataan resmi yang dilansir oleh Manchester United, Sir Alex Ferguson menyatakan pensiun di akhir musim.


Seperti diberitakan sebelumnya, kabar soal bakal pensiunnya manajer asal Skotlandia itu dihembuskan oleh salah satu media Inggris, Telegraph. Namun, sampai pagi hari tadi belum ada tanggapan dari pihak klub.

Pihak klub kemudian menyatakan bahwa mereka bakal memberikan pernyataan atas rumor tersebut. Pernyataan tersebut kemudian keluar pada Rabu (8/5/2013) sore WIB. Isinya: Sir Alex pensiun.

"Keputusan untuk pensiun adalah sesuatu yang saya pikirkan dengan matang-matang dan salah satu yang tidak saya anggap mudah. Ini adalah saat yang tepat," ucap Sir Alex dalam pernyataan resminya.

"Sangat penting bagi saya untuk meninggalkan klub dalam keadaan terbaik dan saya percaya saya sudah melakukannya."

Sir Alex memutuskan pensiun setelah membawa Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris ke-20. Era-nya di Old Trafford terbentang sejak 1986. Artinya, dia sudah lebih dari dua dekade menangani United.

Selain 13 titel Premier League, lima Piala FA, dan dua trofi Liga Champions.

Pertanyaannya sekarang: siapakah yang akan jadi penggantinya?


Sir Alex Ferguson Resmi Pensiun Dari MANCHESTER UNITED
26,5 tahun Sir Alex Ferguson menangani Manchester United dan pada Rabu (8/5), ia akhirnya mengumumkan untuk mengakhiri kariernya di akhir musim. Sebagai manajer, catatannya mengesankan. Sejak bertugas 6 November 1986, Fergie sudah mengoleksi total 38 gelar.

Trofi Liga Primer yang dipersembahkan musim 2012/13 ini menjadi gelar terakhirnya sekaligus menggenapkan koleksi gelar liga United menjadi 20. Pria berusia 71 tahun itu dijadwalkan akan menjalani operasi pinggul pada musim panas ini. Diyakini, kondisi medis itu mendorongnya untuk mundur.

Jika Fergie pensiun, pertanyaan terbesar selanjutnya adalah: siapakah yang pantas untuk menggantikan Ferguson di kursi panas Setan Merah? Beberapa nama pun muncul dan meraimakan bursa taruhan.

David Moyes menjadi yang paling favorit untuk menjadi suksesor Fergie. Manajer Everton itu berada dalam pole posistion karena berbagai alasan. Selain sama-sama dari Skotlandia, Moyes dianggap memiliki karakteristik mirip gaya manajerial Fergie: disiplin dan keras. Meski demikian, Moyes selama kariernya belum pernah menjadi manajer yang selalu dalam tekanan seperti Fergie di United.

Sir Alex Ferguson resmi pensiun

Kandidat berikutnya adalah Jose Mourinho. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelatih Portugal itu memiliki probabilitias tinggi bakal meninggalkan Real Madrid di akhir musim dan bergabung kembali ke Chelsea. Seorang pemenang dan punya pengalaman di klub-klub besar Eropa. Masih dari Spanyol, ada pelatih Malaga Manuel Pellegrini yang punya pengalaman banyak. Ia sempat dikaitkan dengan Chelsea dan Manchester City, namun pensiunnya Ferguson bisa menjadi pembuka jalannya untuk mencari pengalaman baru di Inggris.

Jurgen Klopp dan Jupp Heynckes mungkin akan menjadi kandidat selanjutnya. Keduanya sukses mengantarkan Borussia Dortmund dan Bayern Munich menciptakan all-German final di Liga Champions musim ini. Klopp, muda dan berbakat menangani pemain-pemain mudanya. Sementara Heynckes masih menganggur di musim depan setelah posisinya bakal digantikan Pep Guardiola.

manager-mu-sir-alex-ferguson-pensiun

Dari dalam tubuh Manchester United sendiri, terdapat Mike Phelan yang merupakan asisten manajer Fergie saat ini. Bukan tak mungkin jika United akan melakukan 'cara Barcelona' di awal musim ini ketika mengangkat Tito Vilanova. Kandidat internal lain seperti Ryan Giggs, pelatih reserve United Ole Gunnar Solskjaer, dan eks bek United Gary Neville (timnas Inggris) dan Laurent Blanc bisa masuk ke dalam bursa calon pengganti Fergie. Satu nama lagi yang sedang naik daun, yakni Michael Laudrup (Swansea City) yang baru saja sukses menggondol Piala Liga musim ini.

Sumber : Kompas.com & Detik.com





Arsip Blog

Follow @danbosikotak

Flags

free counters
Powered by Blogger.